UMP NTT Resmi Ditetapkan, Ini Besarannya

- Kamis, 1 Desember 2022 | 21:04 WIB
UMP NTT Resmi Ditetapkan, Ini Besarannya (foto ilustrasi) (Dok Istock)
UMP NTT Resmi Ditetapkan, Ini Besarannya (foto ilustrasi) (Dok Istock)

 

Hits IDN - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur atau Pemprove NTT melalui Dinas Koperasi, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi NTT menetapkan Upah Minimum Provisi (UMP).

Penetapan UMP ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, Ketenagakerjaan dan TransmigrasiProvinsi NTT, Silvya Djawang melalui konferensi pers pada, Selasa, Rabu, 30 November 2022.

Baca Juga: Minyak Tanah Dikabarkan Langka, Begini Pernyataan Kapolda NTT

Pemprov NTT menetapkan UMP bagi pekerja sebesar Rp2.123.994. Adapun penetapan UMP ini demi kesejahteraan para pekerja di wilayah Nusa Tenggara Timur,

"Besaran Rp2,1 juta ini merupakan angka yang paling kondusif terkait tantangan yang akan dihadapi kedepan," kata Silvya dalam konferensi pers di kantornya, seperti dilansir victorynews.id jaringan Hits IDN, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Kerusuhan IKS dan Sobat di Pasar Baru Belu, Motor Dibakar dan Dagangan Milik Pedagang Hancur Berantakan

Meski begitu, nagi pekerja atau buruh yang perlu diperhatikan bahwa UMP ini hanya diarahkan pada karyawan atau tenaga kerja dengan masa kerja di bawah 1 tahun.

"Setelah 1 tahun diberlakukan maka harus ada diskusi di antara pekerja dan pemberi kerja secara bipartit untuk menetapkan skala dan struktur upah di masing-masing perusahaan," ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Alor akan Polisikan Badan Kehormatan Alor ke Polda NTT

Penetapan UMP ini tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur NTT Nomor 383 tentang Upah Minimum Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2023 yang diterima dari Sekretariat Daerah Provinsi NTT di Kupang, seperti dilansir Antara, Kamis, (1/12/2022).

Upah minimum provinsi atau UMP di NTT pada tahun 2023 naik Rp148.994 dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Adukan dugaan Korupsi ke KPK RI, Ketua DPRD Alor Malah Diberhentikan

Adapun UMP bagi pekerja atau buruh pada tahun sebelumnya sebesar Rp1.975.000 pada 2022.

Penetapan UMP berlaku bagi perusahaan dan usaha-usaha sosial pemerintah maupun swasta di wilayah NTT yang mempekerjakan pekerja atau buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

Halaman:

Editor: Robin Van

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ssst! Ada Bocoran Tes CPNS 2023 Di Malaka

Rabu, 8 Februari 2023 | 08:04 WIB
X